Penayangan bulan lalu

Rabu, 18 Januari 2012

Muhasabah Akhir Tahun

Pagi selalu memberikan nuansa baru yang menyejukkan, seperti biasa selalu terlihat mentari hangat terbit dari peraduannya . Pemandangan alam yang selalu memukau, dikala langit masih berselimut gelap terpancarlah titik-titik terang di ufuk timur dan menjelma menjadi bola cahaya yang bersinar sepanjang hari mengiringi alam semesta beraktivitas .
Senja pun tak kalah memukau. Ketika malam kan tiba, sang matahari pun kembali ke peraduannya meninggalkan alam semesta dengan segala keindahannya, perlahan sinarnya menjadi pembiasaan cahaya yang menyilaukan mata namun tetap anggun dan bergantianlah dengan sang rembulan yang akan menunaikan tugasnya di kala malam tiba.
 Sebuah keteraturan alam yang patut disyukuri dan direnungkan. Bumi berotasi setiap hari dan mengahasilkan panorama yang begitu menakjubkan untuk dilihat dan menfasilitasi manusia untuk menciptakan kejadian-kejadian berhikmah yang bisa dinikmati setiap saat.

Malam yang diterangi sinar rembulan dan pantulan cahaya kelap-kelip gemintang, selalu menjadi sudut yang nyaman untuk bermuhasabah, mengenang setiap peristiwa di hari yang terang, mengumpulkan hikmah-hikmah yang terselip di antara mutan-mutan negatif maupun positif, mengevaluasi setiap tutur kata prilaku yang bersinggungan dengan etika dan kebaikan, kemudian menyusun kembali sebuah rencana indah untuk hadapi esok hari yang penuh kejutan-kejutan dari Yang Maha Kuasa.

Kemarin, tepatnya tanggal 31 desember 2011 pukul 23.59.59  Bumi pun telah menyelesaikan tugasnya dalam berrevolusi yakni mengelilingi matahari di orbitnya. Kita pun sama telah berjalan mengelilingi roda kehidupan selama 365 hari penuh. Mengisi hari demi hari dengan “amalan bermanfaat” (versi masing-masing individu) bagi diri, keluarga maupun lingkungan .  Seperti halnya malam pada 1 hari penuh, penghujung tahun kemarin menjadi pojokon nyaman untuk melakukan evaluasi diri terhadap target-target 2011 yang telah tercapai maupun tidak. Banyak hal yang telah kita lalui selama 2011 lalu, ragam warna peristiwa menghiasi rona kehidupan kita, menguras energy dan emosi, hingga air mata selalu menghantui kesedihan, senyuman selalu mengiringi kebahagian, kelelahan selalu mengikuti perjuangan, kenyamanan selalu bergandengan dengan prestasi, semua rasa tumpah ruah mengelilingi oase hidup yang mengalir lembut bahkan deras, dari awal tahun 2011 hingga bermuara pada penghujung tahun 2011. Semua itu telah kita lalui, kita lewati atas ijin Allah swt tentunya. Bersyukurlah atas kenikmatan hidup yang telah Allah berikan hingga detik ini.

*Maha suci Allah dengan segala penciptaanNya dengan memberikan 1 hari di setiap kehidupan kita, hari-hari itu bagikan puzzle-puzle yang  berserakan dan membentuk sebuah sketsa gambar kehidupan yang mempesona. Membingkai dan membentuk kita seperti saat ini.…

Mudah-mudahan awal tahun 2012 sampai penghujung 2012 nanti,Allah swt masih memberikan kenikmatan dan keberkahan yang menghiasi kehidupan kita. Hingga setiap hari yang akan kita lalui akan membentuk pribadi yang lebih baik lagi. Pribadi yang selalu bisa bermanfaat dan membuat orang di sekitar kita tersenyum. dan terakhir menjadi  Pribadi yang selalu mengingat Allah di setiap aktivitasnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar